Kamis, 28 Juni 2012

Jangan Tunggu Perlu, Baru Belajar

Sebelum saya mulai, saya uraikan dulu maksud dari judul di atas. Dulu guru saya pernah bilang, belajar itu nggak bisa dipaksa, nanti juga kalau perlu dia baru gedebak-gedubuk gak pugu lagu kalo bahasa sewan mah :p. Mungkin ini pula yang mengakibatkan seseorang tertinggal jauh dari lingkungannya, ibaratnya "ah gua belom butuh, nanti aja".

Tidak salah jika ada orang yang berfikiran seperti itu, namun kalau saya tidak salah tangkap mas vavai pernah bilang kalau orang yang pintar itu sebenarnya hanya karena dia tau lebih dahulu dari kita (maap mas kalau salah :p).

Kadang orang suka bilang "ah gua udah gak punya waktu buat belajar", saya sendiri bingung jadinya. Sehari itu 24 jam dan setiap orang punya waktu yang sama dalam sehari, jadi gak mungkin dong kalau sampai ada alasan keabisan waktu :p. Apakah orang yang bilang seperti itu memanfaatkan waktunya dengan secermat mungkin ? saya sendiri baru sadar betapa pentingnya waktu ketika saya membuat mind map, begini mind map itu :p
kalau kita tidak memanfaatkan waktu, kita kurang waktu buat belajar, kalau kita kurang belajar, kita bodoh, kalau kita bodoh, kita diledekin orang dan tidak dipandang, kalau seperti itu, kita jadi frustasi, kalau kita frustasi, kita jadi stress, kalau kita stress kita jadi gak enak makan dan minum, kalau kita gak makan dan minum, kita bisa kurus dan dehidrasi, kalau seperti itu tinggal nunggu waktunya aja. Jadi kesimpulan saya kalau saya tidak memanfaatkan waktu saya, sama saja saya mempercepat umur saya :D

Alasan lainnya kenapa orang malas belajar dan mencoba hal baru biasanya karena takut jadi pemula, newbie istilahnya. Saya pernah baca tulisan mas vavai yang berjudul jangan-khawatir-jika-kita-masih-pemulanewbie. Di situ mas vavai menyampaikan bahwa nggak ada salahnya kok jadi pemula atau newbie, malah kita enak masih fresh istilahnya. Kalau saya sendiri bilang enak kok jadi newbie, kalau ngelakuin kesalahan tinggal bilang, kan newbie :p


Jadi apa salahnya belajar dan mencoba hal baru, kalau kata mas vavai lagi, "toh kaga bakal cilaka" :p


Ditulisan ini, saya tidak bermaksud mengajari atau men-dikte orang dan bersikap saya yang paling benar. Tujuannya hanya sederhana, tulisan ini untuk memotifasi diri saya sendiri dan kelak saya tidak akan melakukan hal-hal negatif diatas :D

3 komentar: